Nabi Ya'qub a.s.

Kisah NABI YA'QUB a.s.

Nabi Ya’qub a.s. adalah satu-satunya nabi, yang Kakek, Ayah, dan Anaknya, juga diangkat menjadi nabi oleh Allah SWT. Nabi Ya’qub merupakan cucu dari Nabi Ibrahim a.s., putra dari Nabi Ishaq a.s., dan ayah dari Nabi Yusuf a.s.
Ia lahir di Kan’an, Palestina. Ayahnya adalah Nabi Ishaq a.s. sedangkan ibunya bukan berasal dari Palestina, melainkan berasal dari Harran, Irak, yaitu Rafqah binti Batu’il bin Nahur. Kakek dari Rafqah merupakan saudara dari Nabi Ibrahim a.s.
Nabi Ya’qub a.s. bukanlah satu-satunya putra dari Nabi Ishaq a.s. Ia mempunyai saudara kembar yang bernama Ish (Ishu). Meski kembar, mereka berdua tidak saling akrab, bahkan Ish selalu memusuhi Nabi Ya’qub a.s.


Pada akhir kisah, baju gamis milik Nabi Yusuf a.s. diletakkan ke wajah Nabi Ya’qub a.s., dan tiba-tiba secara berangsur-angsur mata Nabi Ya’qub a.s. dapat melihat kembali. 
Kebahagiaan yang tak terkira dirasakan oleh seluruh keluarga. Putra-putra Nabi Ya’qub mengakui kesalahan mereka, dan meminta maaf atas perbuatan dengki dan telah berbohong kepada orang tua.

Akhirnya, Nabi Ya’qub a.s. beserta istri dan putra-putranya pergi ke Mesir untuk menemui Nabi Yusuf a.s.