Nabi Yusuf a.s.

Kisah NABI YUSUF a.s.

Kisah Nabi Yusuf a.s. dapat kita simak secara lengkap di dalam Al Quran Surat ke-12 yaitu Surat Yusuf. Kisahnya diawali ketika Nabi Yusuf a.s. masih anak-anak, ketika ia bermimpi melihat 11 Bintang, Matahari, dan Bulan bersujud kepadanya. Mimpi ini kemudian ia sampaikan kepada ayahnya yaitu Nabi Yaqub a.s.
Nabi Yaqub a.s. memahami hal ini sebagai tanda dari Allah SWT bahwa kelak putranya akan menjadi seorang nabi, dan mendapatkan kemuliaan. Supaya saudara-saudaranya yang lain tidak iri, maka Nabi Yaqub a.s. berpesan agar Nabi Yusuf a.s. tidak menceritakan mimpinya kepada siapapun.

Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan bahwa nama-nama bintang yang ada di alam mimpi Nabi Yusuf a.s. adalah : Jaryan, Thariq, Dayyal, Dzul Katafan, Qabis, Watsab, Amradan, Failaq, Mushbih, Dhoruh, Dzul Fara’, Dhiya’, dan Nuur.




Hasan Al Bashri mengatakan bahwa Nabi Yusuf a.s. dimasukkan ke dalam sumur pada usia 17 tahun, dan meninggal dunia saat berumur 120 tahun.

Dikisahkan dalam kitab Al Bidayah bahwa menjelang wafatnya, Nabi Yusuf a.s. berwasiat agar jasadnya dibawa keluar dari Negeri Mesir dan dikuburkan di dekat makam Nabi Yaqub a.s., Nabi Ishaq a.s., dan Nabi Ibrahim a.s.